Sabtu, 22 November 2014

My Salam is my way !! :D

"Hello the first and only way to open doors, to open ears, to open a conversation". Maksudnya: Salam atau sapa merupakan cara pertama dan satu satunya untuk 'membuka pintu' menyapa dan bertamu.'membuka telinga' membuat orang mendengar. sekaligus memulai percakapan.

Nabi Saw bersabda " Kalian tidak akan masuk surga sebelum kalian beriman, dan kalian tidak akan beriman sebelum saling menyintai. Maukah kalian aku tunjukan kepada sesuatu yang apabila kalian kerjakan, niscaya kalian akan saling menyintai? Sebarkanlah salam diantara kalian".

 (HR. Muslim, No. 203. Kitab Al iman, Bab Bayanu anna la yadkhulul jannata ila al mu'minun)


"Janganlah kamu meremehkan suatu kebaikan dan berbicaralah di hadapan saudaramu dengan wajah cerah karena hal itu merupakan kebaikan"

  (HR. Abu Dawud, No 5187, Kitab Al Adab, Bab Kam maratan yusalimu ar rajululafi al isti'dzan, Hadits ini dipandang Dhaif/lemah dalam Shahih wa Dhai'f Sunan Abu Dawud)



perihal pentingnya menunjukan wajah ramah dengan senyuman, Abdullah bin Harits menyaksikan, "Aku tidak pernah melihat ada orang yang murah senyum melebihi Rasulullah Saw"

(HR. At Tirmidzi, No 3641, Kitab Al Manaqih, Bab Fi bisyasyati an anabiyi, Hadist ini Shahih dalam Shahih wa dha'if Sunan At Tirmidzi)


Untuk lebih menegaskan diri sebagai pribadi yang sangat bersahabat, Rasulullah Saw pun ternyata menerapkan etika dalam berjabat tangan dan memandang seseorang. Anas bin Malik menjelaskan, "Tatkala mengajak atau diajak seseorang untuk berjabat tangan, Nabi tidak melepaskan tangannya lebih dahulu. Apabila bertatap muka dengan seseorang, beliau tidak akan mengalihkan pandangan sampai orang tersebut mengalihkan pandangannya lebih dulu

(HR. Ibnu Majah, No 3716, Kitab Al Manaqib, Bab ikramau ar rajul, Hadits ini mendapat komentar Dhaif/lemah dalam Shahih wa dhaif Sunnan Ibnu Majah)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda