Sabtu, 22 November 2014

memaafkan slalu?? its must be our way !! :)

"Memberi maaf menambah kemuliaan, rendah hati menambah ketinggian..."
(HR. Muslim, No 6757)

Dengan kalimat indah penuh makna, Rasulullah Saw bersabda, "Memberi maaf menambah kemuliaan, rendah hati menambah ketinggian, dan harta tidak akan berkurang karena sedekah "
(HR. Muslim, No 6757). Perihal keutamaan memaafkan, sejarawan Inggris Thomas Fuller (1608-1661) menuturkan, orang yang tidak bisa memaafkan orang lain, sama saja dengan orang yang memutuskan jembatan yang harus dilaluinya, karena semua orang perlu memaafkan.

Kerelaan memaafkan dapat melegakan hati yang semula terasa sempit bahkan menyesakan. Maaf memaafkan akan melegakan semua pihak. Itulah sebabnya. Allah dan Rasul Nya memotivasi kita untuk memaafkan, khususnya kepada orang orang yang memang pantas dimaafkan.

"..dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kemu tidak suka bahwa Allah mengampunimu? dan Allah Maha pengampun Maha penyayang (QS.An Nur: 22)

Abu Darda berkata, ... Aku mendengar Rasulullah Saw, lalu ia melanjutkan. Kedua telingaku mendengar dan hatiku memperhatikan, bahwa beliau pernah bersabda,' Tidaklah seseorang yang terkena sesuatu pada tubuhnya lalu ia bersedekah dengannya (tidak menuntutnya/memaafkannya), melainkan Allah akan mengangkatnya beberapa derajat dan menghapuskan kesalahan kesalahanya. Orang Anshar bertanya. 'Benarkah engkau mendengarnya dari Rasulullah Saw? Ia menjawab. 'Kedua telingaku mendengar dan hatiku memperhatikannya '. kemudian orang Anshar tersebut berkata, 'Aku akan memaafkannya'.

(HR.At Tirmidzi, No. 1393, Kitab Ad diyat, Bab Al afwu. Hadits ini di pandang dhaif/lemah dalam As silsilah ad dhaifah. No. 4482).



"Allah tidak akan menambah kemaafan seseorang, melainkan dengan kemuliaan dan tidaklah seseorang merendahkan dirinya karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatnya.

(HR. Muslim, No 757, Kitab al biru wa al aslihah wa al adab, Bab isthibabu al afwu wa at tawadhu)

Tokoh besar India, Mahatma Gandhi (111869-1948), pernah mengatakan, "Mereka yang berjiwa lemah tak akan mampu memberi maaf tulus. pemaaf sejati hanya melekat bagi mereka yang berjiwa tangguh" -Mahatma Ghandi


SO.. BEAUTIFULL IS FORGIVENESS...  !!! :D

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda